logo web

Written by Super User on . Hits: 71

Apa itu SOP ?

SOP 1

Bayangkan  Anda bekerja  di toko bahan makanan. Suatu hari pelanggan datang dan mengatakan mereka akan mengembalikan sekantong roti. Kemungkinan besar, toko tempat Anda bekerja sudah memiliki seperangkat aturan tertulis untuk tempat menangani situasi ini. Seperangkat aturan tertulis itulah yang dikenal sebagai standar operasional prosedur atau biasa disebut SOP.

 

Standar operasional prosedur yang ditulis berisi petunjuk langkah demi langkah yang menjelaskan cara melakukan aktivitas rutin. Karyawan harus menyelesaikannya dengan cara yang persis sama setiap kali sehingga bisnis dapat tetap konsisten.

Prosedur operasi standar membantu menjaga keselamatan dan efisiensi untuk departemen seperti

  • Produksi / operasi
  • Penjualan dan layanan pelanggan
  • Pelatihan karyawan
  • Hukum
  • Keuangan

Standar operasional prosedur dibuat tidak dengan kata-kata yang dulit dan pengertian yang samar. SOP harus singkat, mudah dimengerti dan berisi langkah-langkah tindakan yang mudah diikuti. Standar operasional prosedur yang baik harus secara jelas menguraikan langkah-langkah dan memberi tahu karyawan tentang masalah keselamatan.

Standar operasional prosedur yang dibuat harus menjadi dasar untuk melatih karyawan baru. Mereka juga harus diperbarui setiap tahun untuk memastikan mereka tetap relevan dengan kebutuhan organisasi saat ini.

Berikut Standart Oprasional Prosedur di Pengadilan Agama Lumajang  -UNDUH-

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  :
@This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook :
@Pa Lumajang

Instagram :
@pengadilanagamalumajang

Youtube :
@Pengadilan Agama Lumajang

Tautan Aplikasi