logo web

Written by Super User on . Hits: 404

PROSEDUR PERMOHONAN INFORMASI

1. Prosedur pelayanan informasi di Pengadilan terdiri dari:

  1. Prosedur Biasa; dan
  2. Prosedur Khusus.

2.Prosedur Biasa digunakan dalam hal:

  1. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;
  2. Informasi yang diminta bervolume besar;
  3. Informasi yang diminta belum tersedia; atau
  4. Informasi yang diminta adalah informasi yang secara tidak tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses public atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.

3. Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung dan informasi yang diminta:

  1. Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;
  2. Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses public dan sudah tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (missal: sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);
  3. Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
  4. Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.
  5. Alasan permohonan informasi yang dibuat Pemohon tidak dapat dijadikan alasan untuk menolak pemberian informasi.
  6. Petugas informasi wajib membantu Pemohon informasi dalam mengajukan permohonan.
  7. Khusus informasi untuk mendapatkan fotokopi putusan Mahkamah Agung baru dapat diminta setelah putusan tersebut diterima oleh para pihak yang berperkara atau setelah 1 (satu) bulan sejak putusan tersebut dikirimkan oleh Mahkamah Agung ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding.

4. Biaya

Gratis, Kecuali untuk biaya penggantian pengandaan dokumen

PROSEDUR PENGAJUAN KEBERATAN INFORMASI

Pengajuan keberatan dapat dilakukan jika ditemukannya alasan sebagai berikut :
    1. Tidak disediakannya informasi berkala
    2. Penolakan atas permohonan informasi publik dengan alasan pengecualian
    3. Tidak ditanggapinya permohonan informasi publik
    4. Permohonan informasi publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta
    5. Tidak dipenuhinya permohonan informasi publik
    6. Pengenaan biaya yang tidak wajar
    7. Penyampaian informasi publik yang melebihi waktu yang telah ditetapkan.
  1. Pengajuan keberatan diajukan secara tertulis atau datang langsung disertai alasan keberatan tersebut

Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Lumajang berupaya untuk selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila terdapat informasi yang tidak terdapat di situs pengadilan, masyarakat dapat mengajuan permohonan informasi ke Pengadilan Agama Lumajang dan Pengadilan Agama Lumajang akan berupaya untuk memberikan jawaban yang terbaik.

 

Cara Pengajuan Permohonan Informasi ke Pengadilan Agama Lumajang

Secara lisan

1. Melalui telepon 0334-8781874 , yakni pada saat jam kerja mulai pukul 07.30 s/d 16.00 WIB
2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Lumajang

Secara tertulis

1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Lumajang, dengan cara diantar langsung, atau melalui pos ke alamat kantor di Jalan Soekarno Hatta No. 11 Sukodono , Lumajang. Melalui e-mail  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau website Pengadilan Agama Lumajang :
2. Pengajuan permohonan informasi secara tertulis wajib mencantumkan identitas secara lengkap dan benar.

Penerimaan Pengajuan Permohonan Informasi oleh Pengadilan Agama Lumajang

1. Pengadilan Agama Lumajang akan menerima setiap pengajuan permohonan informasi yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
2. Pengadilan Agama Lumajang akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengajuan permohonan informasi pada saat masyarakat mengajukan informasi.
3. Pengadilan Agama Lumajang akan memberikan tanda terima, jika pengajuan permohonan informasi diajukan secara tertulis.

Pengadilan Agama Lumajang hanya akan menindaklanjuti pengajuan permohonan informasi yang mencantumkan identitas pemohon.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi