logo web

SELAMAT DAN SUKSES

Keluarga Besar Pengadilan Agama Lumajang Mengucapkan Selamat Dan Sukses Atas Dipilihnya Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H, M.H Sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial
SELAMAT DAN SUKSES

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Pendaftaran Melalui E-court

Pendaftaran Melalui E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

Pencanangan Zona Integritas

pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Lumajang. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

Aplikasi Gugatan Mandiri

Merupakan Aplikasi yang dapat diakses masyarakat Pencari Keadilan dalam mengajukan Gugatan/Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri


jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.


dirput

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.


biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


20181015034259

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.


siwas

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.


gugatan mandiri

Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri. Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan.

Kawasan ZI

Rapat awal tahun 2021

WhatsApp Image 2021 01 08 at 13.05.341

                  Pada hari Kamis tanggal 07 Januari 2021 tepat pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB dilaksanakan Rapat Dinas Awal Tahun 2021, rapat dinas sebetulnya dijadwalkan dimulai pada pukul 13.30 WIB s.d pukul 15.00 WIB, akan tetapi, oleh karena ada undangan gladi pembinaan awal tahun dari Badilag, maka Rapat Dinas Awal Tahun 2021 pada Pengadilan Agama Lumajang diajukan dan dimulai pada pukul 13.00 WIB, karena masih berada di era pandemic Covid-19, maka seperti biasanya rapat dinas diadakan di Ruang Media Center dan tetap mematuhi protokol covid 19, yakni peserta rapat dinas diruang media center hanya diikuti oleh :

1.Para Hakim
2.Para Panitera Muda
3.Para Kasubag
4.Bendaharawan Pengeluaran
5.Bendaharawan Penerimaan
6.Notulen Rapat
7.Operator

Sedangkan untuk yang lainnya mengikuti rapat dinas secara zoom meeting diruangannya masing-masing.

Agenda Rapat Dinas yaitu :

1.Pembinaan dari Ketua ;
2.Evaluasi Kiner Tahun 2020 ( secara umum) ;
3. Evaluasi Pelaksanaan Hasil rapat akhir tahun bulan Desember tahun 2020 ;
3.Upaya Peningkatan Kinerja Hakim ;
4.Upaya Peningkatan Kinerja Kepaniteraan ;
5.Upaya Peningkatan Kinerja Kesekretariatan ;
6.Lain-lain

Rapat dinas dibuka dan dipandu oleh Sekretaris dan dilanjutkan dengan agenda pertama yaitu : pembinaan (secara singkat) dari Ibu.Ketua Pengadilan Agama Lumajang.

Dalam pembinaannya Ibu.Ketua berpesan tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan, dari unsur para Hakim, unsur pejabat di Kepaniteraan, unsur pejabat di Kesekretariatan, Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti,Pegawai danTenaga Honorer, bekerja dengan semangat dan ikhlas sesuai dengan tupoksinya dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan serta menjaga konsistensi WBK agar WBK Pengadilan Agama Lumajang benar-benar diimplementasikan secara Haqiqy sebagai wujud dari ajaran agama sehingga Pengadilan Agama Lumajang berpredikat WBK dalam penilaian manusia serta WBK dalam penilaian Allah SWT.

Ibu Ketua juga berpesan agar berhati-hati, tetap jaga kondisi tubuh, dimasa pandemi Covid 19 ini kita tetap selalu mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

Agenda kedua yaitu : Evaluasi Hasil Kinerja Tahun 2020 (secara umum).

Ibu.Ketua menyampaikan terkait dengan evaluasi kinerja tahun 2020, diharapkan semua aparatur Pengadilan Agama Lumajang tetap menjaga dan mempertahankan apa yang telah dcapai selama tahun 2020, baik terkait penyelesaian perkara maupun terkait dengan konsistensi dalam menjaga semua inovasi yang telah dimiliki selama tahun 2020. Dr.Hj.Lailatul Arofah, M.H., selaku Ketua Pengadilan Agama Lumajang berharap siapapun yang nantinya akan menjadi Pimpinan, tetap melanjutkan dan mempertahankan apa yang telah Pengadilan Agama Lumajang capai, bahkan lebih meningkat lagi dan lebih baik lagi.

Ibu.Ketua juga berharap dibuat lagi media sosial untuk Pengadilan Agama Lumajang, Media yang telah dimiliki harus selalu di update dan setiap kegiatan harus dimasukkan. Website yang merupakan jendela Formal bagi lembaga lain harus selalu di update, perlu diperkuat lagi kinerja redaktur terutama dalam menyususn berita tapat waktu dengan susunan berita yang menarik, tidak banyak yang disampaikan oleh Ibu.Ketua karena waktu yang singkat dalam rapat awal tahun 2021 ini, dikarenakan tepat pukul 14.00 WIB, Ibu dan Tim ZI akan mengikuti Gladi Pembinaan Awal Tahun 2021 dari Dirjen Badilag. Oleh karena itu agenda rapat mengenai Upaya peningkatan Kinerja Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan harus dipertajam lagi pada rapat terbatas sesuai bidang masing-masing;

Selanjutnya sebelum dilanjut di agenda berikutnya, Bapak Wakil Ketua juga menyampaikan sedikit arahannya pada rapat dinas awal tahun 2021, bahwa untuk Laporan Hakim Pengawas Bidang Semester II segera diselesaikan dan Bapak Wakil Ketua berharap semua aparatur Pengadilan Agama Lumajang tetap konsisten dalam meningkatkan kinerja kita di tahun 2021 nanti, apa yang telah diperoleh/ telah diraih ditahun 2020 benar-benar dijaga untuk dipertahankan dan ditingkatkan.

Agenda ketiga yaitu :

Upaya Peningkatan Kinerja Hakim, Ibu.Ketua memberikan apresiasi penuh kepada Para Hakim yang telah bekerja semaksimal mungkin dalam menerima, memeriksa dan memutus semua perkara yang telah menjadi tugas dan berharap dapat lebih meningkat lagi ditahun 2021, Ibu.Ketua juga mengatakan bahwa untuk tahum 2020 ini ada peningkatan perkara e-court yang mencapai 100 perkara dan juga perkara e-litigasi, mudah-mudahan ditahun 2021 perkara e-court di PA.Lumajang lebih meningkat lagi.

Agenda ketiga yaitu :

Upaya peningkatan kinerja Kepaniteraan yang disampaikan oleh Panitera, upaya peningkatan kinerja di kepaniteraan Panitera berharap adanya arahan dan petunjuk dari Ibu.Ketua terkait perkara e-court dan perkara e-litigasi, bahwa untuk perkara e-court dan perkara e-litigasi apabila sudah putus, pada saat diputus hari itu amar putusan harus diuploud di e-court, karena untuk perkara e-litigasi perhitungan kapan putusan mempunyai kekuatan hukum tetap adalah sejak putusan diunggah di e-court , dalam hal ini masih perlu penyegaran dan penyamaan persepsi, karena itu perlu dijadwalkan untuk tenaga teknis mengadakan pertemuan .

Agenda keempat yaitu :

Upaya peningkatan kinerja kesekretariatan, dalam agenda ini Sekretaris hanya mengingatkan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Lumajang agar tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan terutama Tim Kepaniteraan dan Tim Kesekretariatan yang didalamnya juga ada Tenaga Honorer, Alhamdulillah berkat kerja Tim Kesekretariatan dan Tim Kepaniteraan beserta para Tenaga Honorer di Kesekretariatan maupun di Kepaniteraan yang terlibat dalam penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tahun (LPKT) 2020 dapat selesai tepat waktu, tinggal penyusunan SAKIP yang harus selesai juga pada tanggal 28 Februari 2021. Achmad Chozin,S.H., selaku Sekretaris Pengadilan Agama Lumajang juga menyampaikan progam kerja tahun 2021, berdasarkan Surat Keputusan dari Ketua Pengadilan Agama Lumajang, Sekretaris juga berharap kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Lumajang, terkait dengan sarpras yang menjadi pendukung dalam pelaksanasn tugas kita sehari-hari apabila ada gangguan, atau kerusakan atau sesuatu yang harus dibutuhkan dalam kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari ada kendala, segera memberitahu dan melaporkan ke Kasubag Umum, biar segera di tindak lanjuti, apabila sudah lapor pada Kasubag Umum belum di tindak lanjuti, silahkan beritahukan kepada saya selaku Sekretaris.

Selanjutnya

Acara lain-lain dicancel, karena durasi watunya tidak memungkinkan.

WhatsApp Image 2021 01 07 at 14.16.10

Sebelum rapat ditutup dilakukan penandatangan Pakta Integritas, oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Lumajang dihadapan Ibu.Ketua dan Bapak.Wakil Ketua Pengadilan Agama Lumajang, dimulai dari:

1.Hakim

2.Panitera dan Sekretaris

3.Para Panitera Muda dan Para Kasubag

4.Tenaga Honorer

Selanjutnya rapat dinas selesai dan ditutup dengan bacaan Alhamdulillah.

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

 

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  :
@This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook :
@Pa Lumajang

Instagram :
@pengadilanagamalumajang

Youtube :
@Pengadilan Agama Lumajang

Tautan Aplikasi