logo web

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Pendaftaran Melalui E-court

Pendaftaran Melalui E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

Pencanangan Zona Integritas

pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Lumajang. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

Aplikasi Gugatan Mandiri

Merupakan Aplikasi yang dapat diakses masyarakat Pencari Keadilan dalam mengajukan Gugatan/Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

SELAMAT DAN SUKSES

Keluarga Besar Pengadilan Agama Lumajang Mengucapkan Selamat Dan Sukses Atas Pengucapan Sumpah YM. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H, M.H Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Periode 2020 - 2025
SELAMAT DAN SUKSES


jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.


dirput

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.


biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


20181015034259

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Kawasan ZI

Launching Aplikasi Layanan Eksternal dan Layanan Internal

 

     Setelah melakukan deklarasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Pengadilan Agama Lumajang telah melakukan berbagai program kegiatan dan menciptakan serta mengembangkan berbagai inovasi aplikasi layanan ekternal maupun layanan internal. Bahkan di tengah pandemi COVID-19 sekalipun, Pengadilan Agama Lumajang tidak pernah menyurutkan langkah untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan layanan.

     Hal ini dibuktikan pada hari ini tanggal 03 Juni 2020 bertempat di Kantor Pengadilan Agama Lumajang yang dihadiri oleh seluruh Hakim, Pegawai, dan Tenaga Honorer dan disiarkan secara langsung melalui Streaming Youtube, Instagram, Facebook. Pengadilan Agama Lumajang telah melaunching berbagai aplikasi layanan antara lain :

  • SIPALUKU ( Sistem Integrasi data Pengadilan Agama Lumajang dengan data kependudukan Kabupaten Lumajang)

Aplikasi ini merupakan inovasi Pengadilan Agama Lumajang dari hasil Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten  Lumajang yang telah ditanda tangani pada tanggal 19 Maret 2020.

Dengan SIPALUKU , para pihak yang berperkara terkhusus perkara perceraian, asal usul anak dan pengangkatan anak, maka pada saat putusan telah mempunyai kekuatan hukum tetap, data kependudukan yang bersangkutan akan langsung di up-date melalui SIPALUKU untuk selanjutnya pihak Disdukcapil akan melakukan verifikasi dan mencetak serta mengantarkan produknya ke Pengadilan Agama Lumajang, sehingga pihak yang mengambil Akta Cerai ke Pengadilan Agama Lumajang bisa langsung mendapatkan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang baru sekaligus di Pengadilan Agama Lumajang.

Aplikasi ini dimaksudkan selain untuk memberikan layanan yang lebih maksimal kepada para pencari keadilan, juga sekaligus sebagai sarana pendidikan kepada masyarakat agar terbiasa tertib dan taat pada aturan hukum.

  • AISA (Asisten Perkara) yang merupakan pengembangan dari aplikasi notifikasi dari Badilag. AISA ini akan memberikan informasi kepada para pihak mengenai perkembangan perkaranya melalui notifikasi Watshap secara auto sending serta dapat digunakan pula oleh para pihak untuk berkonsultasi mengenai perkaranya. Dalam situasi darurat Covid-19 saat ini, banyak pihak berperkara yang memberikan informasi mengenai keradaannya di wilayah yang menerapkan PSBB, sehingga para pihak mendapatkan gambaran solusi yang bisa diambil setelah admin AISA meneruskan pertanyaan para pihak tersebut kepada majelis hakim yang menangani perkaranya;
  • ALIYA ( Aplikasi Lima Layanan) yang meliputi :
  1. Aplikasi Antrian ( semua layanan)
  2. Aplikasi Informasi dan Pengaduan
  3. Aplikasi Audio Play , berupa sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar tidak memberikan gratifikasi atau suap kepada aparatur Pengadilan Agama Lumajang
  4. Aplikasi buku tamu
  5. Aplikasi IKPP, yang diletakkan pada setiap meja layanan PTSP agar para pihak dapat memberikan penilaian kepada petugas layanan sesaat setelah usai menerima layanan
  • ASWAJAH (Aplikasi Scan Wajah), para pihak yang mendaftarkan perkara diambil gambarnya / fotonya pada bagian wajahnya, lalu scan wajah inilah yang akan menjadi data based perakara tersebut sejak pendaftaran hingga pengambilan produk. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari praktek – praktek percaloan.

Selain Aplikasi layanan External, Pengadilan Agama Lumajang juga memiliki aplikasi Internal yang diberi nama E-SUKANTI , yakni E-Surat , E-Perpustakaan dan E-Cuti yang kesemuanya dapat dimanfaatkan oleh aparatur internal Pengadilan Agama Lumajang.

Kegiatan Launching Aplikasi sebagaiman tersebut, dirangkaikan dengan rapat rutin dan halal bi halal yang selengkapnya agenda rapat dan kegiatan telah disusun sebagai berikut :

1. Pembinaan Dan Halal Bi Halal

2. Evaluasi Pelaksanaan Hasil Rapat Bulan Mei 2020

    

    3. Sosialisasi mengenai SOP Pelaksanaan SIPALUKU di kalangan Internal Pengadilan Agama Lumajang

4. Strategi Dalam Membangun Budaya Integritas dan Budaya Melayani

5. Upaya Memaksimalkan Pelayanan di Era New Normal

6. Laporan Kinerja Bulan Mei 2020 :

    a. Zona Integritas oleh Wakil Ketua

    b. Kepaniteraan oleh Panitera

    c. Kesekretariatan oleh Sekretaris

7. Launching Inovasi Layanan Secara Virtual (Streaming Youtube, Instagram, Facebook) :

8. Doa Penutup dan dilanjutkan dengan saling memaafkan di halaman kantor dengan protokol Covid -19.

WhatsApp Image 2020 06 04 at 10.40.29

WhatsApp Image 2020 06 03 at 21.27.37

WhatsApp Image 2020 06 03 at 15.13.27

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

 

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi