logo web

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Pendaftaran Melalui E-court

Pendaftaran Melalui E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

Pencanangan Zona Integritas

pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Lumajang. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

Aplikasi Gugatan Mandiri

Merupakan Aplikasi yang dapat diakses masyarakat Pencari Keadilan dalam mengajukan Gugatan/Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

SELAMAT DAN SUKSES

Keluarga Besar Pengadilan Agama Lumajang Mengucapkan Selamat Dan Sukses Atas Pengucapan Sumpah YM. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H, M.H Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Periode 2020 - 2025
SELAMAT DAN SUKSES

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Pimpinan Dan Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Lumajang mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Dan Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri


jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.


dirput

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.


biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


20181015034259

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Kawasan ZI

PENANDA TANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA ANTARA PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG DENGAN PENGADILAN AGAMA LUMAJANG

DALAM SEKENARIO GLOBAL PENCEGAHAN VIRUS COVID-19

WhatsApp Image 2020 03 19 at 11.13.342

Pada hari Kamis tanggal Sembilan belas Maret Tahun Dua Ribu dua puluh di Ruang Mahameru Pemerintah Kabupaten Lumajang telah diselenggarakan penandatanganan “Kesepakatan Bersama” antara Bupati Lumajang dengan Ketua Pengadilan Agama Lumajang. Acara tersebut dihadiri beberapa pejabat Pemda Lumajang dengan Pejabat Pengadilan Agama Lumajang, dimulai pada pukul 09.30 WIB. Kesepakatan bersama ini merupakan Payung Hukum dalam mengadakan “Perjanjian Kerja Sama” dengan segenap Organisasi Perangkat Daerah di wilayah kabupaten Lumajang.

Sebagai langkah cepat meneruskan Kesepakatan Bersama sebagaimana tersebut, maka acara dilanjutkan dengan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pengadilan Agama Lumajang dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lumajang tentang Sistem Integrasi data Pengadilan Agama Lumajang dan data Kependudukan yang selanjutnya inovasi ini diberi nama SIPALUKU (Sistem Integrasi data Pengadilan Agama Lumajang dengan data Kependudukan Kabupaten Lumajang) .

Kedua kegiatan di atas semula akan dilakukan ceremonial bersamaan dengan launching beberapa aplikasi pelayanan maupun aplikasi internal Pengadilan Agama Lumajang kepada masyarakat, namun karena ada berbagai kebijakan pemerintah pusat maupun daerah serta kebijakan dari Mahkamah Agung RI terkait pencegahan penyebaran virus Covid -19 (Corona), maka kegiatan penanda tanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama dilaksanakan tanpa melibatkan masyarakat / user (perwakilan dari para pencari keadilan) dan selanjutnya launching aplikasi dan inovasi akan dilaksanakan secara on-line melalui You-tube, Facebook, InstaGram dan Website Pengadilan Agama Lumajang.

Pengadilan Agama Lumajang Kelas 1A dalam penilaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) pada bulan Nopember tahun 2017 telah mendapatkan nilai “A Excellent”. Dan secara berturut turut pada Surveilance tahun 2018 sampai dengan 2019 predikat “A Excellent” telah pula dapat dipertahankan.

Selanjutnya sejak dicanangkannya Pembangunan Zona Integritas yang dihadiri oleh Bupati dan Pejabat dari Forkopimda Kabupaten Lumajang pada tanggal 25 januari 2019, Pengadilan Agama Lumajang telah berbenah diri baik dalam peningkatan sarana prasarana maupun peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan, memantabkan budaya kerja anti korupsi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Diantara perubahan yang telah dilakukan Pengadilan Agama adalah :

  1. Petunjuk-petunjuk layanan makin jelas agar para pencari keadilan dengan mudah mengikutinya.
  2. Notifikasi berbasis auto sender mengenai perkembangan perkara melalui sms atau Watshap kepada para pencari keadilan, sehingga para pihak tidak sampai lupa mengenai jadwal persidangan, perkembangan perkaranya serta jadwal pengambilan produk pengadilan. Notifikasi ini juga dikirim kepada para pejabat dan pegawai Pengadilan Agama apabila ada yang terlambat melaksanakan pekerjaan / kewajibannya.
  3. Mesin antrian untuk semua jenis layanan semakin ditertibkan, agar tidak ada calo yang masuk mengantrikan pencari keadilan, maka scan wajah akan dilakukan pada saat pendaftaran.
  4. Pengunjung harus memakai kartu ID Card untuk mengidentifikasi bahwa orang yang masuk di Pengadilan adalah para pihak berperkara / orang yang mempunyai kepentingan yang jelas. Upaya ini dilakukan agar masyarakat tidak menjadi korban calo perkara .
  5. Adanya pemisahan tempat makan pegawai dengan para pencari keadilan sehingga mengurangi gesekan dan pertemuan antara Aparatur Pengadilan Agama Lumajang dengan para pihak berperkara. Kesemuanya itu dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat serta berupaya menutup segala akses yang dapat mengarah kepada prilaku koruptif.
  6. Baner –baner kampanye anti korupsi mewarnai ruang-ruang pelayanan., agar aparatur Pengadilan dan masyarakat pencari keadilan sama-sama bersinergi memerangi segala bentuk prilaku koruptip.

Selanjutnya setelah penandangan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lumajang, pelayanan pemberian produk Pengadilan Agama Lumajang akan disertai dengan up date data kependudukan dari para pihak berperkara .

Akhirnya, Ketua Pengadilan Agama Lumajang mohon dukungan Bupati Lumajang dan seluruh jajarannya. Semoga Pengadilan Agama Lumajang tahun ini bisa meraih predikat WBK menuju WBBM.

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

 

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

KOMDANAS

SIKEP

SIMARI

E-COURT