logo web

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Pendaftaran Melalui E-court

Pendaftaran Melalui E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

Pencanangan Zona Integritas

pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Lumajang. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

Aplikasi Gugatan Mandiri

Merupakan Aplikasi yang dapat diakses masyarakat Pencari Keadilan dalam mengajukan Gugatan/Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

SELAMAT DAN SUKSES

Keluarga Besar Pengadilan Agama Lumajang Mengucapkan Selamat Dan Sukses Atas Pengucapan Sumpah YM. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H, M.H Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Periode 2020 - 2025
SELAMAT DAN SUKSES


jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.


dirput

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.


biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


20181015034259

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Kawasan ZI

SEKMA MELANTIK 34 PEJABAT BARU DI MAHKAMAH AGUNG

Agus Uji Hantara

Jakarta - Humas MA: Mengawali tahun 2020 Sekretaris Mahkamah Agung (SekMA) A.S Pudhoharsoyo melantik 34 pejabat baru di lingkungan Mahkamah Agung pada Rabu pagi, 8 Januari 2020.  34 Pejabat ini terdiri atas 18 pejabat Eselon III, 15 Pejabat Eselon IV, dan 1 Pejabat Fungsional.

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan TUN, Kepala Badan Pengawasan, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Panitera Mahkamah Agung, para Eselon 2 pada Mahkamah Agung dan undangan lainnya.


Dalam sumpahnya para pejabat yang dilantik berjanji akan setia dan taat pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang–undangan. Mereka juga berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan dan akan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan rasa penuh tanggung jawab. Tiga puluh empat orang tersebut juga bersumpah akan menjaga integritas serta menjaga diri dari perbuatan tercela.

Nama para pejabat Eselon III yang dilantik yaitu:

  1. Raden Roro Irene Wijayanti, S.H., sebagai Kepala Bagian Perpustakaan dan Layanan Informasi pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi.
  2. Dr. Andi Julia Cakrawala, S.H., M.T., M.H., sebagai Kepala Bagian Perundangan-undangan Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi
  3. Irwansyah, S.H., M.H., sebagai Kepala Bagian Bimbingan dan Monitoring pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  4. Yudi Cahyadi, S.T., sebagai Kepala Bagian Inventarisasi Kekayaan Negara pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  5. Supriyadi Gunawan, S.H., M.H., sebagai Kepala Bagian Tata Laksana Pengadaan Barang I pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  6. Zainal Arifin, S.H., M.H., sebagai Kepala Bagian Urusan Dalam pada Biro Umum Badan Urusan Administrasi
  7. Sumaryamti, S.H., M.H., sebagai Kepala Bagian Kesekretariatan Pimpinan A pada Biro Kesekretariatan Pimpinan Badan Urusan Administrasi
  8. Kamaluddin, S.H., sebagai Kepala Sub Direktorat Kasasi Perdata pada Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum
  9. Novita Aprilianti Rosabita, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Direktorat Peninjauan Kembali Perdata pada Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum
  10. Wiwi Widyaningsih, S.H., M.S.i, sebagai Kepala Sub Direktorat Kasasi dan Peninjauan Kembali Perdata Khusus Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum
  11. Mas Muhammad Ferdiansyah, SE., sebagai Kepala Sub Direktorat Data dan Evaluasi pada Direktorat Pembinaan Tenaga teknis Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
  12. Hirpan Hilmi, S.T., sebagai Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana pada Sekretariat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
  13. Subeno Trio Leksono, S.H., M.M., sebagai Kepala Sub Direktorat Tata Kelola pada Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
  14. H.A. Paridudin, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Direktorat Statistik dan Dokumentasi pada Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama
  15. Nuraini, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan Militer pada Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara
  16. Dzul Fadlli Hidayat, S.T., M.M., sebagai Kepala Verifikasi dan Tuntutan Ganti Rugi pada Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi
  17. Dyah Yulianti, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Direktorat Kasasi Pidana dan Tata Usaha Militer Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara
  18. Ruthscheeldiaz, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Direktorat Peninjauan Kembali dan Grasi Pidana Militer Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara

Sedangkan para pejabat eselon IV yang dilantik adalah:

  1. Yutiah Hartati, S.H., M.M., sebagai Kepala Sub Bagian Penerbitan pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi
  2. Dewi Indriyani, S.Si., M.Si., sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi
  3. Hamsarip Ongso, S.H.I., sebagai Kepala Sub Bagian Pelaksana Anggaran I B pada Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi
  4. Marsilah, S.H., sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Biro pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  5. Sukiman, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang II pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  6. Supenianto, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Bagian Administrasi Perubahan Status Perlengkapan pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  7. Arif Setiadi, S.H., sebagai Kepala Sub Bagian Statistik dan Pelaporan pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  8. Muhammad Sam Umar Wiraharja, S.Kom., sebagai Kepala Sub Bagian Pendataan pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  9. Arif Hidayat, S.E., M.H., sebagai Kepala Sub Bagian Analisa Kebutuhan Pengadaan Barang II pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  10. Eko Prihanto, S.H., M.H., sebagai Kepala Sub Bagian Standarisasi Pengadaan Barang I pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi
  11. Hannan Tauqiefie, S.T., sebagai Kepala Sub Bagian Mutasi Pegawai II A pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi
  12. Ahmad Syaiful, S.Kom., sebagai Kepala Sub Bagian Pemberhentian dan Pensiun Pegawai I A pada Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi
  13. Dhika Hafizh Pratama, S.Sos., sebagai Kepala Sub Bagian Akuntabilitas pada Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi
  14. Sufrizal Agustian, S.Kom., M.H., sebagai Kepala Sub Bagian Perlengkapan pada Sekretariat Kepaniteraan
  15. Udin Ramdan, S.H., sebagai Kepala Sub Bagian Kesekretariatan Ketua Mahkamah Agung pada Biro Kesekretariatan Pimpinan Badan Urusan Administrasi

Adapun Pejabat Fungsionalnya yaitu:

  1. R. Lucky Permana, S.H., M.H., sebagai Pustakawan Ahli Madya pada Badan Pengawasan.

Dalam sambutannya Sekretaris Mahkamah Agung berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan bimbingan dan tuntunannya. (azh/RS/photo:PN)

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

 

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi